get app
inews
Aa Read Next : Soma Nite Run Meriah, UMKM Dapat Berkah

Kisah Samsul, Rintis Usaha Bakso hingga Sukses Ubah Nasib Pengamen dan Gelandangan

Sabtu, 23 Maret 2024 | 09:15 WIB
header img
Samsul menyakikan bakso gratis kepada warga Jemurwonosari di acara buka puasa. (Ihya' ulumuddin).

Rekrut Pengamen dan Gelandangan

Sukses mengembangkan usaha bakso tak lantas membuat Samsul lupa daratan. Sebaliknya, dia terus berpikir untuk bisa membantu mereka yang menganggur dan hidup di bawah garis kemiskinan.

Saat rombong masih berjumlah lima unit misalnya, Samsul kerap mendatangi pengamen, pemulung hingga gelandangan yang ada di jalan-jalan. Mereka diajak bergabung untuk berjualan bakso.

"Saya kasihan lihat mereka. Masa mau terus ngamen. Maka saya tawari jualan," ujarnya.

Karena itu hampir sebagian besar karyawannya saat ini adalah mereka yang sebelumnya hidup di jalanan. Dari 26 karyawan, 11 di antaranya merupakan mantan pengamen. Lalu sisanya perantau yang tidak punya pekerjaan.

"Saya tidak pilih-pilih. Asal punya KTP (Kartu Tanda Penduduk). Jelas asal usulnya, saya tampung. Pokoknya mau bekerja," katanya.

Samsul mengakui pernah tertipu gegara merekrut sembarang orang menjadi karyawan. Dua sepeda motor berikut dua unit rombongnya dibawa kabur. Meski begitu dia mengaku tidak kapok.

Dia menganggap musibah itu sebagai bagian dari risiko berdagang. Dia tetap yakin, Tuhan akan memberikan imbalan atas niat baiknya tersebut. "Musibah itu bagian dari pupuk usaha. Enggak masalah," katanya.

Salah seorang karyawan, Samsul, Ansori mengakui sifat baik bosnya tersebut. Saking baiknya, seluruh karyawan juga diberi fasilitas tempat tinggal gratis.

"Semua karyawan tinggal satu rumah dengan bos. Makan, kebutuhan lisrik, semuanya gratis. Jadi pendapatan kita dari jualan bakso utuh," kata bujang asal Ngawi tersebut.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut