get app
inews
Aa Read Next : Dengan QRIS, Hidup Jadi Lebih Simple dan Higienis

Wisata Sumber Gempong, Harapan Baru Sofi Bebas dari Belenggu Kemiskinan

Rabu, 06 Maret 2024 | 14:47 WIB
header img
Wisata Sawah Sumber Gembong Desa Ketapanrame, destinasi baru pendongkrak ekonomi warga desa. (Foto//Ihya' Ulumuddin).

MOJOKERTO - Gerimis belum reda saat Sofi (27) sibuk memandu mobil pengunjung Wisata Sawah Sumber Gempong masuk ke area parkir, Minggu (3/3/204). Pemuda lajang itu membiarkan bajunya basah agar antrean kendaraan tidak menumpuk dan menghalangi jalan. 

Dengan suara lantang, Sofi meminta pengemudi untuk memutar setirnya ke kiri atau ke kanan, diikuti gerakan tangan dengan penuh cekatan. Tak lama berselang, tangan kanannya dikepalkan ke atas, isyarat bahwa pengemudi harus berhenti karena mobil sudah terparkir sempurna dan aman. 

Di bawah lokasi parkir, kereta sawah mulai merayap, membawa puluhan pengunjung keliling menikmati udara segar persawahan. Sementara dari kejauan anak-anak tertawa riang menikmati aneka permainan. 

Hari Minggu, pengunjung wisata Sawah Sumber Gempong, Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto sangat ramai. Beberapa di antara mereka datang membawa mobil. Saat itulah Sofi bersama warga lainnya yang kebagian jaga parkir akan dibuat sibuk. 


Sofi sibuk mengatur parkir mobil pengunjung Wisata Sumber Gempong. (Ihya' Ulumuddin).

Meski begitu, mereka menjalaninya dengan gembira. Sebab, semakin ramai pengunjung, semakin banyak pula uang yang bisa mereka bawa pulang. 

"Hari Minggu begini biasanya dapat Rp200.000. Kalau hari biasa, paling jelek Rp50.000," kata Sofi sambil menyeka keringat yang mengalir ke kelopak mata. 

Sesuai kesepakatan, petugas jaga parkir yang berjumlah 30 orang memperoleh 70 persen dari total pendapatan setiap hari. Sementara sisa 30 persen akan masuk ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai pengelola objek wisata.

Bagi Sofi, pendapatan itu luar biasa besar. Apalagi sejak dia menganggur usai di PHK dari hotel tempatnya bekerja sebagai cleaning service.

Sofi mengaku sudah berkali-kali pindah kerja. Dari menjadi kuli bangunan, penjaga warung kopi, kernet truk rute Mojokerto-Jakarta, hingga cleaning service hotel yang berujung PHK.

Namun, hadirnya Wisata Sawah Sumber Gempong kembali menyalakan semangatnya yang sempat padam. Sofi bisa kembali bekerja, dapat jatah pendapatan parkir dan tetap dekat dengan keluarga.

"Alhamdulillah, bisa untuk bantu ibu belanja dan ngopi," ujarnya lantas tertawa.

Lokasi wisata alam itu berada di Dusun Sumber Gempong, Desa Ketapanrame. Sekitar 2 kilometer dari pusat kota Kecamatan Trawas. Di dusun itu pula Sofi tinggal bersama adik dan kedua orang tuanya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut