get app
inews
Aa Read Next : UNESA Gelar Ngaji Bahasa Isyarat Bersama Disabilitas

Ikut Audisi Miss Indonesia, Gadis Cantik Ini Getol Perjuangkan Nasib Penyandang Disabilitas

Senin, 26 Februari 2024 | 11:18 WIB
header img
Peserta Audisi Miss Indonesia asal Kota Malang Catherine Mag. (Ihya' ulumuddin).

SURABAYA - Ajang Miss Indonesia mengispirasi para peserta untuk menyebarkan virus kebaikan. Dari perjuangan hak-hak perempuan, literasi hingga keberpihakan kepada penyandang disabilitas.

Misi itu pula yang diemban oleh peserta audisi asal Kota Malang Catherine Mag. Gadis 20 tahun itu berharap Miss Indonesia bisa menjadi wadah bagi dia untuk terus menyuarakan kesetaraan bagi anak-anak berkebutuhan khusus di Indonesia.

Chaterine menyampaikan, jumlah penyandang disabilitas di Indonesia cukup banyak. Merujuk data Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK RI), jumlah penyandang disabilitas di Indonesia mencapai 22,97 juta orang atau 8,1 persen dari total penduduk Indonesia.

Ironisnya, belum banyak dari mereka yang mendapatkan fasilitas yang semestinya, terutama dalam bidang pendidikan. "Umumnya mereka dimasukkan sekolah disabilitas. Dibikin grup sendiri. Harusnya malah digabung, seperti halnya sekolah inklusi," kata lulusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang (UM) ini.

Dia berharap, lewat sekolah inklusi, para penyandang disabilitas mendapat hak yang sama dengan siswa normal lainnya. "Mereka berhak dapat pendidikan layak, diasah skill-nya sehingga punya kemampuan sama dengan yang lain," tuturnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut