Logo Network
Network

Cara Sopir Truk Ganjar Atasi Lelah Berkendara dengan Senam Sederhana

Firman Rachmanudin
.
Senin, 18 September 2023 | 12:54 WIB
Cara Sopir Truk Ganjar Atasi Lelah Berkendara dengan Senam Sederhana
Komunitas Sopir Truk Ganjar ajarkan cara atasi lelah berkendara dengan senam sederhana. (Foto: Firman Rachmanudin)

LAMONGAN, iNewsMojokerto.id - Kelompok sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Komunitas Sopir Truk (KST) menggelar Senam Sehat di Desa Paloh, Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Minggu (17/9/2023) malam. Dalam kegiatan tersebut, para peserta diajarkan gerakan senam sederhana untuk mengurangi kelelahan yang dialami sopir setelah melakukan perjalanan selama berjam-jam.

"Melakukan peregangan otot, senam-senam ringan biar otot tidak terlalu kaku. (Kegiatan itu dilakukan) di tempat-tempat dan sedikitnya waktu lelah (saat beristirahat) itu kita melakukan di mana pun," kata salah seorang instruktur senam, Kasyanto.

Menurutnya, aktivitas berkendara dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan penyakit serius bagi seorang sopir truk seperti nyeri sendi, punggung, penyakit jantung hingga meningkatkan risiko kematian dini. Bahkan, menurut penelitian yang dilakukan peneliti dari University of Leicester menunjukkan bahwa menyetir dalam waktu lama dapat membuat daya kerja otak melemah dan tingkat kecerdasan menjadi menurun.

Selain rutin berolahraga, Kasyanto juga memberikan beberapa kiat untuk menjaga stamina dan kesehatan yang berguna bagi para sopir.

"Terutama, minum air (mineral) yang banyak. Jangan lupa juga minum suplemen yang berguna untuk tubuh dan jangan lupa itu istirahat yang cukup," katanya.

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini