get app
inews
Aa Read Next : Pendaki Gunung di Mojokerto Mending Fokus Puasa Saja, Ini Sebabnya

Gempa M5 Guncang Sukabumi, BMKG Lacak Penyebabnya

Selasa, 06 Juni 2023 | 16:09 WIB
header img
BMKG ungkap penyebab gempa bumi yang terjadi di Sukabumi sore ini. (Foto: BMKG)

Daryono pun mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” tandasnya.  

Daryono mengatakan dari hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik (oblique thrust). Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Kabupaten Sukabumi dengan skala intensitas III - IV MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. 

Terasa getaran seakan akan truk berlalu), daerah Pelabuhan Ratu dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), daerah Kabupaten Cianjur dengan skala intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. 

Terasa getaran seakan akan truk berlalu ), dan daerah Kabupaten Garut, Kota Tasikmalaya dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ).
 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut