get app
inews
Aa Read Next : Kuba Bangkrut, Harga BBM Naik 500 Persen

Viral Foto Warna Pertalite Dulu dan Sekarang Beda, Cek Faktanya Pertamina

Senin, 26 September 2022 | 22:14 WIB
header img
Warna Pertalite apakah memengaruhi kualitas? (Foto: Facebook/Istimewa)

"Warna yang diberikan pada BBM hanya untuk pembeda, tidak ada kaitannya dengan boros tidaknya dalam penggunaan BBM," ujar Irto dalam keterangannya, Senin (26/9/2022).

Bantahan itu Irto sampaikan sekaligus meluruskan kabar hoaks yang beredar belakangan ini tentang perbedaan warna dan kualitas Pertalite lama dan baru. Irto memastikan Pertamina tidak mengubah kualitas Pertalite.

Pertalite adalah BBM jenis RON90. Menurut Irto, pemasaran Pertalite melalui lembaga penyalur resmi di Indonesia sesuai dengan Keputusan Dirjen Migas Nomor 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 90 Yang Dipasarkan Di Dalam Negeri.

"Batasan dalam spesifikasi Dirjen Migas yang menunjukkan tingkat penguapan pada suhu kamar di antaranya adalah parameter Reid Vapour Pressure (RVP). Saat ini hasil uji RVP dari Pertalite yang disalurkan dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina masih dalam batasan yang diizinkan, yaitu dalam rentang 45-69 kPa (Kilopascal)," kata dia.

Selama ini warna pada BBM hanya untuk pembeda saja. Misalnya, warna BBM Pertalite hijau sementara Pertamax biru. Itu digunakan untuk memudahkan pemasaran dan penggunaan.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut