Logo Network
Network

Khofifah Bangga Indonesia bisa Hasilkan Vaksin Sendiri 

Abdul A
.
Selasa, 30 Agustus 2022 | 10:19 WIB
Khofifah Bangga Indonesia bisa Hasilkan Vaksin Sendiri 
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa

SURABAYA, iNewsMojokerto.id - Presiden RI Joko Widodo resmi memberi nama Inavac terhadap Vaksin Merah Putih yang dikembangkan oleh Tim Peneliti dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya bersama PT Biotis Pharmaceutical Indonesia.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang juga Ketua IKA Unair menyebutkan bahwa masyarakat Jawa Timur dan bangsa  Indonesia  bersyukur dan bangga bahwa  Indonesia akhirnya resmi memiliki vaksin karya putra banga sendiri. Terlebih, Inavac merupakan karya para ilmuwan dari Universitas Airlangga Surabaya -  Jawa Timur.

"Jadi vaksin yang dulu  dikenal vaksin Merah Putih yang dikembangkan Unair dan PT Biotis sekarang sudah resmi menjadi Inavac. Alhamdulillah, Indonesia harus berbangga dapat menghasilkan vaksin sendiri dan Insya Allah segera memproduksi vaksin sendiri setelah selesei uji coba pada akhir September  2022 serta mendapat izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) sesuai standart internasional oleh otoritas Food and Drug Administration (FDA) selanjutnya setelah  izin BPOM RI keluar maka vaksin Inavac dapat diproduksi di dalam negeri.  Kita bersyukur alhamdulillah, apalagi ini inisiatornya adalah para ilmuwan  Unair Surabaya - Jatim," ucapnya di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (29/8).

Khofifah mengatakan bahwa vaksin dengan platform inactivated virus tersebut diperkirakan mampu memberikan efikasi dengan persentase yang tinggi dalam melawan berbagai varian virus Corona di Indonesia.

"Jadi masyarakat tidak perlu hawatir  karena efikasi produk dalam negeri ini tidak kalah saing dengan vaksin dari negara-negara lain. Insya Allah, nanti efikasinya akan sangat baik. Prosesnya panjang dengan prosedur panjang pula," jelas orang nomor satu Jatim itu.

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini