get app
inews
Aa Read Next : Ternyata Ini Cara Mengidentifikasi Arca Majapahit, Bisa Dipelajari Sendiri

Kritik Raffles Terhadap Perusakan Arkeologi Majapahit di Masa Datangnya Islam

Kamis, 25 Agustus 2022 | 12:37 WIB
header img
Situs peninggalan Majapahit. (Foto: Istimewa)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - Sir Thomas Stamford Bingley Raffles atau Gubernur Raffles terkenal memiliki kepedulian tinggi terhadap berbagai aspek budaya di Indonesia, negeri jajahan negaranya. Termasuk pada tinggalan arkeologi.

Pengetahuan Raffles akan sejarah kerajaan Majapahit ia tulis dalam bukunya History of Java. Buku itu memuat segala pengetahuan yang dicatat Raffles selama menjabat sebagai gubernur jenderal Hindia-Belanda tahun 1811-1816.

Di waktu jabatan yang relatif singkat ini, Raffles menempatkan pengetahuan tentang Majapahit sebagai salah satu poin penting. Khususnya bagaimana penyikapan masyarakat Indonesia sendiri terhadap tinggalan arkeologi Majapahit. 

Dalam tulisan Adrian Perkasa dalam buku "Sandhyakala ning Majapahit Pembelajaran dari Pasang Surut Kerajaan Majapahit", diuraikan catatan Raffles mengenai kondisi berbagai tinggalan arkeologis yang Raffles temui kala mengunjungi Majapahit pada 1815. 

Majapahit yang ditemui Raffles

Kota Majapahit yang dikunjungi Raffles adalah reruntuhan yang dipenuhi hutan bambu dan jati. Raffles dan timnya melakukan penelusuran ke sejumlah situs yang masih tampak bangunan utamanya.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut