get app
inews
Aa Read Next : Hukum Utang Majapahit, Pinjam Uang Berbunga Sudah Biasa

Indonesia Sudah Kenal Demokrasi Sejak Majapahit, Inilah Bukti Musyawarah Raja dan Rakyat

Sabtu, 06 Agustus 2022 | 08:23 WIB
header img
Situs peninggalan Majapahit. (Foto: Istimewa)

MOJOKERTO, iNews.id - Majapahit adalah sebuah kerajaan di bawah kekuasaan tunggal. Meski demikian, kerajaan Majapahit berjalan dengan sistem demokrasi.

Demokrasi yang ada di Majapahit sangat baik diketahui di momen menjelang hari kemerdekaan Indonesia. Relasi antara pemimpin dan rakyat yang baik di Majpaahit bisa menjadi contoh kerukunan dalam sistem pemerintahan yang baik.

Dilansir Tim iNews dari salah satu artikel tulisan Mimi Savitri dalam buku "Sandhyakala ning Majapahit Pembelajaran dari Pasang Surut Kerajaan Majapahit", ada cukup banyak bukti adanya bentuk demokrasi di Majapahit. Salah satu yang menarik dibahas adalah peristiwa musyawarah yang diselenggarakan oleh penduduk.

Musyawarah desa itu biasanya dilakukan untuk menuntut hak mereka kepada pemerinah setempat. Itu menunjukkan bahwa mekanisme jalannya pemerintahan masa Majapahit tidak hanya dari atas ke bawah saja, tetapi juga dari bawah ke atas 

Musyawarah biasanya dilakukan di antara para penduduk dan tetua desa terlebih dahulu. Apabila masalah yang dihadapi tidak dapat diselesaikan di tingkat desa, penduduk akan mengajukan masalah ke tingkat kerajaan. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut