Apa Itu Mahamantri Katrini? Kerajaan Majapahit Sebesar Itu Menterinya Cuma Tiga

Nanda Alifya Rahmah
.
Rabu, 21 September 2022 | 15:34 WIB
Majpahit memiliki mahamantri katrini, apa itu? (Foto: istimewa)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - Selain adanya Patih Gajah Mada, penyokong pemerintahan Majapahit adalah para menterinya. Kejayaan Majapahit itu tidak melepaskan diri dari peran Mahamantri Katrini.

Apa itu Mahamantri Katrini dalam sistem pemerintahan Majapahit? Informasi mengenai ini termuat jelas dalam piagam lempengan tembaga Jambangan.

Mengutip uraian Prof. Slamet Mulyana dalam buku "Menuju Puncak Kejayaan: Sejarah Kerajaan Majapahit", yang dimaksud dengan mahamantri katrini adalah tiga mahamenteri.

Menurut uraian Prof.  Slamet, ternyata jabatan ini sudah dikenal dalam sistem pemerintahan awal berdirinya Majapahit. Jadi, jabatan mahamantri katrini sudah dikenal sejak pemerintahan raja Kertarajasa.

Data lebih jauh menunjukkan penyebutan jabatan ini sudah ada  pada piagam Kudadu dan piagam Panampihan pada zaman pemerintahan raja Kertanagara, raja terakhir Singasari. Jadi kemungkinan besar susunan pemerintahan kerajaan Majapahit hampir sama saja dengan pemerintahan kerajaan Singasari. 

Tiga menteri utama yang dimaksud ialah 1) mahamenteri Hino; 2) mahamenteri Sirikan; dan 3) mahamenteri Halu. Siapa-siapa yang pernah menempati jabatan tersebut hanya bisa ditelusuri dalam Prasasti Kudadu dan Jambangan. 

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini