get app
inews
Aa Read Next : Apa Itu Intisari Naluri Majapahit: Kesaktian

Tahun 1815 Masyarakat Tidak Kenal Majapahit, Ini Kondisi Trowulan Saat Kedatangan Raffles

Rabu, 03 Agustus 2022 | 10:59 WIB
header img
Thomas Stamford Raffles menulis tentang Majapahit dalam bukunya. (Foto: Public Domain)

MOJOKERTO, iNews.id - Catatan Thomas Stamford Raffles menjadi salah satu sumber pengetahuan tentang Majapahit. Raffles termasuk orang pertama yang menuliskan kondisi situs-situs Majapahit.

Thomas Stamford Raffles adalah Letnan Gubernur Inggris yang ditugaskan di wilayah Indonesia. Ia datang beserta armada Inggris di muara Cilincing Batavia pada bulan Agustus 1811. 

Majapahit saat kedatangan Raffles tentunya sudah berupa puing-puing saja. Namun, catatan Raffles ini termasuk catatan yang membuka penelitian terhadap Majapahit di masa berikutnya.

Bagaimana kondisi Majapahit saat kedatangan Raffles? Menurut salah satu artikel Adrian Perkasa dalam buku "Sandhyakala ning Majapahit Pembelajaran dari Pasang Surut Kerajaan Majapahit", Raffles menulis semua yang ia temui terkait Kerajaan Majapahit dalam buku besarnya, "History of Java".

Sejak datang ke Indonesia, terutama saat melihat Surakarta dan Jogjakarta, Raffles telah menunjukkan ketertarikan pada peninggalan Kerajaan Hindhu-Budha di Indonesia. Ia bahkan memiliki sejumlah koleksi arca dari Candi Singhasari Jawa Timur.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut