get app
inews
Aa Read Next : Pendaki Gunung di Mojokerto Mending Fokus Puasa Saja, Ini Sebabnya

Dini Hari Hingga Siang, Malang dan Sekitarnya Dilanda Gempa 38 Kali

Sabtu, 09 Juli 2022 | 15:03 WIB
header img
Gempa Bumi melanda perbatasan Malang-Lumajang.

MALANG, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Karangkates mencatat, wilayah pesisir selatan Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang mengalami gempa bumi selama 38 kali. Catatan gempa ini dimulai pada gempa pertama pukul 02.28 WIB Sabtu dini hari (9/7/2022). 

Gempa itu tercatat memiliki magnitudo 4,9 SR. Setelahnya, BMKG mencatat ada gempa-gempa susulan dengan kekuatan bervariasi. 

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Karangkates Ma'muri membenarkan adanya serangkaian gempa susulan yang terjadi yang mengguncang wilayah pesisir selatan Kabupaten Malang dan Lumajang. Gempa itu mayoritas berpusat di laut, yang berada di perbatasan kedua kabupaten tersebut.

"Catatan gempa itu dari pagi hingga siang ini, ini kami masih mencatat adanya gempa susulan lagi," kata Ma'muri, Sabtu (9/7/2022).

Namun data BMKG ada satu gempa utama berkekuatan magnitudo 5,2 SR yang berlangsung pada 03.27 WIB. Selepasnya hanya ada dua gempa yang memiliki kekuatan magnitudo 5,0 SR yang terjadi pada pukul 05.50 WIB dan pukul 09.53 WIB. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut