get app
inews
Aa Read Next : Sri Mulyani Kasih Kode PPN Tetap Jadi 12 Persen Tahun Depan

Utang Indonesia Turun Jadi 39,09 Persen

Rabu, 22 Juni 2022 | 16:42 WIB
header img
Menkeu Sri Mulyani. (foto: dok. iNews.id).

JAKARTA, iNews.id - Utang Indonesia per April tercatat Rp7.040 triliun atau sekitar 39 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Jumlah ini telah menurun dibanding dengan bulan sebelumnya sebesar Rp7.052 triliun. 

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, rasio utang pemerintah terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 39,09 persen atau turun dibanding dengan bulan sebelumnya sebesar 40,39 persen. Dengan penurunan ini, Indonesia termasuk salah satu negara yang masih sehat di tengah kondisi global yang tak pasti. 

Menurutnya, rasio utang tersebut sehat karena rasionya menurun terhadap PDB. Dia mencatat penerimaan yang kuat dari ledakan komoditas mampu mendorong penurunan rasio utang terhadap PDB mencapi 13 persen. 

"Pandemi sekarang sudah memasuki tahun ketiga, tapi masih banyak negara yang mengalami defisit sangat dalam. Beberapa negara bahkan rasio utangnya dramatis, sudah mencapai di atas 60 persen bahkan ada yang 80 persen, 100 persen terhadap PDB," kata dia dalam UI International Conference on G20, dikutip Rabu (21/6/2022).

Dia mengatakan, bagi negara yang berpenghasilan rendah dan rentan, kondisinya menjadi tidak berkelanjutan. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut