Universitas Ciputra Surabaya Luncurkan Program Wirausaha Merdeka 2024

Trisna Eka Adhitya
Pembekalan bagi peserta WMK UC 2024 yang dilangsungkan secara Hybrid kepada 532 mahasiswa dari seluruh Indonesia. (Foto: istimewa)

Untuk diketahui, peluncuran program Wirausaha Merdeka (WMK) 2024 berlangsung pada Senin 23 September 2024 ini dihadiri oleh jajaran pimpinan universitas, mahasiswa, serta perwakilan dunia usaha. Berbagai agenda menarik pun dilaksanakan di festival ini. 

Seperti adanya Business Matching yang mempertemukan mahasiswa Wirausaha Merdeka (WMK) UC 2024 dengan para pelaku UKM sebagai bentuk persiapan untuk program Immersion yaitu Living Together. kemudian Knowledge Sharing, di mana para ahli dan praktisi berbagi wawasan seputar bisnis dan kewirausahaan.

Selain itu juga ada workshop yang meliputi pembuatan alas kaki, aksesoris, batik, dan rajut, memberikan keterampilan praktis kepada mahasiswa. Juga praktik selling, di mana beberapa mahasiswa WMK UC 2024 akan bekerja sama dengan PT. Coca-Cola Europacific Partner untuk menjual produk sekaligus menanamkan konsep inovasi dalam mengolah produk sisa menjadi barang yang diterima pasar.

Salah satu mahasiswa peserta program, Ni Made Prema Dewi dari jurusan Hukum Universitas Udayana, mengungkapkan antusiasmenya. Menurutnya program ini menjadi salah satu wadah pengembangan ide bisnisnya. 

“Program ini memberikan kami peluang nyata untuk mengembangkan ide bisnis kami dengan bimbingan langsung dari para ahli, di bawah naungan Universitas Ciputra Surabaya. Ini sangat bermanfaat bagi kami yang ingin memulai usaha sejak masih di bangku kuliah," ungkapnya. 

Program Wirausaha Merdeka UC 2024 dirancang dengan tiga agenda utama. Pertama, pra Immersion atau tahap awal yang bertujuan membangun jiwa kewirausahaan mahasiswa melalui pelatihan dan penguatan mindset entrepreneur. Peserta akan dibekali keterampilan dasar dan wawasan kewirausahaan sebelum memasuki tahapan berikutnya.

Kedua Immersion Living Together dimana pada tahap ini, mahasiswa akan berinteraksi langsung dengan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Mereka akan hidup bersama dan belajar dari pengalaman para pelaku bisnis dalam menghadapi tantangan nyata dunia usaha.

Terakhir Post Immersion atau tahap akhir ini diwujudkan dalam bentuk Demo Day dan Launching Day, di mana mahasiswa mempresentasikan hasil pengembangan bisnis mereka dengan peluang pendanaan dan dukungan dari mitra bisnis.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network