DPRD Surabaya Periode 2024-2029 Resmi Dilantik Hari Ini

Trisna Eka Adhitya
Suasana Sidang Paripurna Pelantikan DPRD Kota Surabaya terpilih periode 2024-2029. (Foto: Trisna Eka Adhitya)

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Komposisi anggota DPRD Kota Surabaya mengalami perubahan signifikan. Pada Sabtu (24/8/2024), sebanyak 50 anggota baru untuk periode 2024-2029 resmi dilantik di Ruang Rapat Utama DPRD Kota Surabaya. Para anggota DPRD baru ini mewakili 10 partai politik peserta pemilu, dengan PDIP kembali menunjukkan dominasinya melalui perolehan 11 kursi.
 
Dari 50 kursi yang ada, PDI Perjuangan menempati posisi puncak dengan 11 kursi. Gerindra menyusul dengan 8 kursi, diikuti oleh PKB, Golkar, PKS, dan PSI yang masing-masing memperoleh 5 kursi. Partai-partai lain seperti PAN, Demokrat, dan PPP mendapatkan masing-masing 3 kursi, sementara Nasdem menutup daftar dengan 2 kursi.

Acara pelantikan ini tidak hanya dihadiri oleh para anggota dewan baru, tetapi juga oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Wakil Wali Kota Armuji, dan Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono. Selain itu, Ketua Pengadilan Negeri Kota Surabaya kelas 1A Khusus, Dadi Rachmadi SH. MH., memimpin prosesi pengucapan sumpah dan janji jabatan.
 
Dalam sambutannya, Adi Sutarwijono menekankan pentingnya profesionalisme dalam tata kelola pemerintahan, terutama dalam menghadapi arus globalisasi dan demokrasi yang membawa pengaruh budaya asing. Selama bapak turun bertemu bersapa dengan warga itu saya sering melihat bahwa o mungkin itu panggilan saya dan kalau bisa jadi pada saat itu ya saya ingin membantu warga Kota Surabaya.

"Oleh karena itu, kita harus memperteguh budaya bangsa. DPRD Kota Surabaya berkomitmen untuk terus menampung aspirasi masyarakat melalui kegiatan reses," ujarnya.



Editor : Trisna Eka Adhitya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network