Proyek Kemanusiaan Untag Surabaya Beri Pendampingan di Pesantren Jauharotul Hikmah

Trisna Eka Adhitya
Eko April Ariyanto, S.Psi, M.Psi saat menjadi pembicara di Pondok Pesantren Jauharotul Hikmah. (Foto: istimewa)

SURABAYA, iNewsMojokerto.id - Tim Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Proyek Kemanusiaan Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya membantu membentuk akidah dan akhlak para santri yang ada di Pesantren Jauharotul Hikmah, Putat Jaya Timur IV B Nomor 25-29, Sawahan Surabaya. Melalui kegiatan dengan tema "Optimalisasi Aqidah dan Ahlaq Santri Melalui Peran Aktif Orang Tua" yang berlangsung pada Jumat (31/5/2024) tim memberikan pendampingan bagaimana membentuk karakter anak. 

Eko April Ariyanto, S.Psi, M.Psi selaku Dosen Pendamping sekaligus pembicara dalam kegiatan itu menyampaikan, kegiatan itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan proyek kemanusiaan dari Kurikulum Merdeka Belajar yang sudah dilakukan selama kurang lebih empat bulan. 

"Saya dan mahasiswa mengerjakan proyek kemanusiaan di Pondok Pesantren Jauharotul Hikmah, jadi pondok pesantrennya itu di tengah-tengah (eks) lokalisasi Dolly," jelasnya saat dihubungi, Sabtu (1/6/2024). 

Dosen Psikologi Untag Surabaya ini mengungkapkan, peran orang tua menjadi penting untuk membentuk karakter anak. Orang tua dinilai menjadi sosok penting yang akan direplikasi oleh anak.

Oleh karena itu, kata Ari, sapaan akrabnya, orang tua harus menjadi pengajar teladan dan contoh yang baik bagi anak. Keterbukaan terhadap anak, serta membangun komunikasi yang baik kepada anak menjadi hal yang perlu dilakukan agar anak tidak perlu meniru contoh-contoh yang kurang baik di luar lingkungannya. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network