Kisah Kalah Cerdiknya Kerajaan Majapahit Gegara Seekor Kerbau

Trisna Eka Adhitya
wilayah kekuasaan majapahit. (Foto: istimewa)

Mereka yakin, anak kerbau lapar akan tidak akan bertarung tapi ingin menyusui. Benar saja, begitu dilepas ke area tanding, anak kerbau itu secepat kilat menyelinap ke perut kerbau jantan nan besar hendak menyusui. 

Di bawah perut kerbau jantan itu, anak kerbau lapar mendapatkan kelamin kerbau jantan. Anak kerbau pikir sudah menemukan puting susu induknya. 

Ia mengisap dan menggigit hingga kerbau jantan perkasa itu roboh. Maka sesuai kesepakatan, pihak Majapahit dianggap kalah, lalu mereka akan pergi namun ditahan oleh Patih Suatang karena mereka akan dijamu makan dan minum. 

Menurut teks versi Majapahit, setelah jamuan pesta dan mabuk euforia itu, dengan serta merta pasukan Majapahit diserang dari segala macam penjuru yang menewaskan patih dan para hulubalang serta separuh prajurit Majapahit. Sementara yang selamat pulang ke Majapahit dan melaporkan peristiwa itu kepada Sang Nata (raja) yang menerimanya dengan amat masygul karena kekalahan besar dan kehilangan para patih dan hulubalang yang diandalkan serta banyak prajurit. 

Peristiwa tersebut terjadi di sebuah padang luas yang kemudian diberi nama 'Padang Sibusuk' karena begitu banyaknya mayat bergelimpangan yang kemudian menimbulkan bau busuk.

Berdasarkan sumber lokal, termasuk Tambo Minangkabau, Minangkabau menggunakan strategi perang gerilya dan memanfaatkan medan pegunungan yang sulit dijangkau oleh pasukan Majapahit. Menurut buku "Tambo Minangkabau" yang disusun oleh A.A. Navis, pasukan Minangkabau berhasil memukul mundur ekspedisi Majapahit dan mempertahankan kemerdekaan wilayah mereka.


 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network