Kisah Kalah Cerdiknya Kerajaan Majapahit Gegara Seekor Kerbau

Trisna Eka Adhitya
wilayah kekuasaan majapahit. (Foto: istimewa)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - Kerajaan Majapahit dikenal sebagai salah satu kerajaan terbesar dan paling berpengaruh di Nusantara pada abad ke-13 hingga abad ke-16. Meskipun terkenal dengan kejayaannya, Majapahit ternyata juga pernah kalah cerdik hingga kalah perang gegara seekor kerbau.

Pada masa jayanya Kerajaan Majapahit sangatlah sulit ditaklukkan ketika berperang. Kombinasi pasukan, strategi dan persenjataan memadai menjadikan kerajaan ini nyaris selalu berhasil menguasai daerah-daerah lainnya.

Tetapi ada suatu momen Majapahit kalah perang melawan pasukan Minangkabau. Fakta sejarah mencatat hal ini, ketika Majapahit melakukan invasi ke Pagaruyung Minangkabau pada tahun 1409.

Penyebab kekalahan ini karena hal sepele. Berawal saat pasukan Majapahit berhasil menguasai Kerajaan Pasai dan bergerak pulang lalu singgah di Jambi serta Palembang. 

Dalam sebuah teks yang tercatat menurut versi Majapahit yang tersimpan di museum Jawa Timur diceritakan tentang invasi penaklukkan ke Minangkabau itu. Di dalam teks tersebut disebutkan Majapahit mengerahkan 500 kapal perang lengkap dengan patih dan hulubalang serta 200.000 prajurit.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network