Ketua dan Anggota KPU Diperiksa DKPP, Pleno Hasil Pemilu Ditunda

Trisna Eka Adhitya
KPU RI tunda pelaksanaan sidang pleno penetapan hasil pemilu karena menghadiri pemeriksaan DKPP terkait kebocoran data DPT. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNewsMojokerto.id - Antusiasme akan pengumuman hasil Pemilu 2024 harus ditunda saat rapat pleno terpaksa ditangguhkan. Ketua KPU, Hasyim Asy'ari, dengan nada memohon maaf, menjelaskan bahwa semua komisioner KPU harus hadir dalam sidang di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) terkait dugaan pelanggaran kode etik dan kebocoran Daftar Pemilih Tetap (DPT). 

"Kami mohon maaf dan mohon izin rapat pleno ini kita skors terlebih dahulu karena kami bertujuh harus menghadiri sidang sebagai teradu dalam sidang DKPP," ujar Hasyim di Kantor KPU, Jakarta Pusat. 

Sidang DKPP dimulai pagi ini, Rabu (28/2/2024) pukul 09.00 WIB pagi tadi dengan sorotan tajam terhadap Hasyim dan komisioner KPU lainnya, yang pada awalnya berencana untuk membuka rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional. Hasyim menegaskan bahwa rapat pleno akan dilanjutkan setelah sidang DKPP berakhir. 

"Nanti setelah selesai sidang DKPP, kita akan lanjutkan kembali rapat pleno ini," katanya. 

Hasyim beserta seluruh komisioner tampak ketika memasuki ruang sidang DKPP untuk menghadapi tuduhan kebocoran DPT di website resmi KPU. Salah seorang pengadu, Rico Nurfiansyah Ali, mengungkapkan kehebohan terkait retasnya DPT pemilu 2024 melalui media daring.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network