Ajarkan Proses Demokrasi, SMAN 1 Kutorejo Pilih Ketua OSIS Layaknya Proses Pemilu

sholahudin
Salah satu calon Ketua OSIS saat berkampanye dalam pemilihan Ketua OSIS SMAN 1 Kutorejo. (Foto: Sholahudin)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intrasekolah (OSIS) di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA Negeri) 1 Kutorejo, Kabupaten Mojokerto layaknya proses pesta demokrasi. Hal ini dilakukan bertujuan untuk mengenalkan Pemilihan Umum (Pemilu) kepada pemilih pemula. 

Dalam proses pemilihan Ketua OSIS SMA Negeri 1 Kutorejo tersebut ada tiga pasangan calon (paslon). Layaknya pesta demokrasi, mereka harus mendaftar kepada panitia hingga proses pemilihan berlangsung. 

Tahapan pemilihan Ketua OSIS SMA Negeri 1 Kutorejo telah dimulai tanggal 5 Agustus 2024 lalu. Yakni mulai tahapan sosialisasi kepada para siswa, pengenalan kelembagaan dalam Pemiluhan Umum (Pemilu), pembagian peran dan pengundian nomor urut paslon, pelantikan kelembagaan Pemilu, pendataan pemilih, pendaftaran paslon dan karnaval tim sukses, kampanye hingga debat paslon.

Seperti layaknya Pemilu, juga ada masa tenang sebelum proses pemilihan Ketua OSIS hingga sidang sengketa Pemilu dan pengumuman hasil Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMA Negeri 1 Kutorejo. Tak hanya proses, asesoris maupun kelengkapan dalam Pemilu juga dihadirkan.

“Ini pesta demokrasi. Kegiatan ini untuk mengajarkan bagaimana memilih Ketua (Ketua OSIS) kayaknya memilih pemimpin dalam pesta demokrasi seperti yang akan dilakukan di Kabupaten Mojokerto. Sebagai pemilih pemula, kita juga punya kewajiban untuk mensukseskan Pilkada,” ungkap salah satu siswa, Christian James, Senin (12/8/2024).

Editor : Trisna Eka Adhitya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network