Siswa SMPN 18 Surabaya Juarai Pengolahan Sampah Plastik Terbaik - Putri Lingkungan Hidup 2023

Trisna Eka Adhitya
Siswi SMPN 18 Surabaya juarai ajang Putri Lingkungan Hidup 2023. (Foto: istimewa)

Dari tahapan itu, 65 finalis diseleksi hingga terpilih 20 juara utama dan 45 juara kategori. 

Dalam kompetisi ini, Mutiara Triandyta, mengusung proyek “Kangkung Sahabat Botol Bekas (KSBB)”. Proyek ini terinspirasi dari limbah batang kangkung yang banyak terbuang dan dorongan untuk mengurangi limbah botol plastik.

Melalui proyek KSBB, siswi SMPN 18 Surabaya ini berupaya mendukung program penghijauan di lahan sempit dengan menanam batang kangkung di botol bekas. Mutiara telah menanam 4.200 bibit kangkung di rumah dan sekolah. 

Tidak hanya membuat proyek berbasis lingkungan, ia juga mengembangkan ecopreneurship dengan mengolah hasil panennya menjadi camilan sehat: stick kangkung dan cookies kangkung. Produknya telah menghasilkan keuntungan sebesar Rp775.000 dalam dua bulan terakhir. 

Berkat aksinya mengolah limbah batang kangkung dan mengurangi limbah botol plastik, Mutiara berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Juara III Presentasi Proyek Lingkungan Hidup dan Juara Pengolahan Sampah Plastik Terbaik Kategori SMP.

Penganugerahan ini diserahkan langsung oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, beserta istri, di Gedung Sawunggaling, Pemerintah Kota Surabaya. 

 

 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network