Hampir Setengah Pulau Jawa Darurat Air Bersih

Trisna Eka Adhitya
Kekeringan sebabkan hampir setengah pulau jawa darurat air bersih.  (Foto iNews/Budi S)

JAKARTA, iNewsMojokerto.id - Hampir setengah pulau Jawa dilanda darurat air bersih. Hal ini disebabkan kekeringan panjang yang terjadi selama beberapa bulan ini. 

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari pada Selasa (5/9/2023) mengatakan, baik Jawa Barat, Jawa Tengah, maupun Jawa Timur terdampak kondisi ekstrem ini.

“Kalau dipetakan sebenarnya mungkin hampir setengah dari total kabupaten di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Terutama yang Jawa Timur bagian tapal kuda, itu sudah sangat terdampak kekeringan,” katanya.

Ia juga menyebutkan, Jawa Tengah dan Jawa Barat juga mengalami hal yang sama. Sehingga membutuhkan bantuan air bersih untuk masyarakat. 

“Di Jawa Tengah, Grobogan sama Blora itu juga sangat terdampak. Di Jawa Barat, Kabupaten Bogor dengan Sukabumi itu juga paling banyak kecamatan terdampak kekeringan dan sudah memerlukan dukungan air bersih. Jadi kalau tidak diberikan air bersih maka masyarakat akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan air bersihnya,” kata Abdul. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network