Orang Muda Ganjar Ajarkan Manfaatkan Limbah Jadi Sabun

Firman Rachmanudin
Anak Muda Ganjar ajarkan mengolah limbah menjadi sabun. (Foto: Firman Rachmanudin)

BLITAR, iNewsMojokerto.id - Orang Muda Ganjar (OMG) menyelenggarakan sebuah pelatihan kreatif yang bertema mengolah limbah menjadi sabun multifungsi di Guest House Faras, Desa Kauman, Kec. Srengat, Kab. Blitar, Prov. Jawa Timur, Jumat (28/7/2023). Sabun yang dihasilkan dari pelatihan ini berfungsi untuk mencuci pakaian dan membersihkan peralatan dapur seperti mencuci piring.

Ketua OMG Kota Blitar, M. Saiful Rohman menjelaskan pelatihan ini bertujuan untuk mengajarkan keterampilan membuat sabun detergen kepada kaum milenial dengan memanfaatkan limbah sehari-hari. 

"Kami mengadakan pelatihan membuat sabun multifungsi. Harapannya teman-teman milenial bisa memanfaatlan bahan limbah salah satunya bisa menjadi detergen," kata Saiful di lokasi. 

Kegiatan ini didukung oleh narasumber yang kompeten di bidangnya dan merupakan hasil kolaborasi OMG dengan Forum Silatul Afkar, Gerakan Pemuda Kecamatan Srengat, dan karang taruna.

Sabun yang dihasilkan dalam pelatihan ini menggunakan limbah minyak goreng, air pembusa, zat pewarna, air campuran, dan bahan-bahan lainnya yang sudah didaur ulang. Saiful menegaskan bahwa produk sabun yang dihasilkan telah melalui uji keamanan sehingga aman digunakan.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network