HUT RI ke-77, Joe Biden Sebut Motto AS dan Indonesia Sama

Nanda Alifya Rahmah
Presiden Joe Biden. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsMojokerto.id - Presiden Amerika Serikat Joe Biden kirim ucapan resmi kepada Presiden Jokowi dan seluruh rakyat Indonesia. Pesan tersebut dikirim dalam rangka memberi selamat perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77.

Pesan resmi yang disampaikan lewat duta besar Amerika Serikat di Jakarta itu diterima pada Selasa (16/8/2022). Dalam ucapan selamat tersebut, Joe Biden menyebut kesamaan motto AS dan Indonesia.

Biden mengatakan bahwa AS dan Indonesia adalah dua negara demokrasi terbesar di dunia. AS dan Indonesia merayakan tonggak peringatan kemerdekaan di tengah sejarah panjang bersama yang dibangun di atas visi yang mirip.

Indonesia dengan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” dan AS dengan “E Pluribus Unum” memiliki arti yang hampir sama. Semboyan Indonesia diambil dair bahasa Jawa Kuno, sementara semboyan AS diambil dari bahasa Latin.

E Pluribus Unum secara harafiah berarti “Dari banyak menjadi satu”. Hampir mirip dengan arti Bhinneka Tunggal Ika yaitu "Berbeda-beda tetapi satu jua". 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network