Mengenal Sosok Pendiri dan Pengunggah Video Pertama di YouTube

Trisna Eka Adhitya
Video pertama yang diunggah Jawed Karim di platform YouTube. (Foto: Instagram/Jawed Karim)

NEW YORK, iNews.id - Kepopuleran platform berbagi video YouTube memang sudah tidak diragukan lagi. Telah muncul berjuta-juta video yang diupload di platform video tertua dan terpopuler di dunia itu. 

Tapi banyak orang masih belum tahu, sebelum YouTube terkenal seperti sekarang ini, video pertama yang diunggah adalah video "Me at the zoo". Video ini diunggah oleh salah satu pendiri YouTube Jawed Karim.

Video yang diunggah pada 23 April 2005 itu menjadi salah satu video yang telah ditonton lebih dari 235 juta kali. Video itu direkam oleh teman SMA Jawed, Yakov Lapitsky saat dirinya berdiri di depan kandang gajah Kebun Binatang San Diego, Amerika Serikat (AS). 

Video berdurasi 18 detik itu merupakan video iseng yang dia unggah untuk mengisi kekosongan platform YouTube. Jawed Karim sendiri bergabung dengan YouTube bersama Chad Hurley, dan Stve Chan sejak video pertama diunggah.

Jawed Karim adalah seorang insinyur perangkat lunak dan pengusaha dari Amerika Serikat (AS). Jawed merupakan anak kelahiran 28 Oktober 1979 di Merseburg, Jerman dari pasangan Cristine (Jerman) dan Naimul Karim (Bangladesh).

Editor : Trisna Eka Adhitya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network