get app
inews
Aa Read Next : Ning Ita Daftar Penjaringan Bacawali di Partai NasDem dan PDI Perjuangan

Ning Ita Sampaikan Komitmen dan Strategi Majukan UMKM Kota Mojokerto di Forum ISPE

Jum'at, 03 Juni 2022 | 22:59 WIB
header img
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat jadi pembicara di Forum ISPE 2022. (Foto: istimewa)

MOJOKERTO, iNews.id- Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari memiliki komitmen untuk memajukan UMKM di Kota Mojokerto. Terutama pasca pandemi covid-19. Menurutnya, UMKM mempunyai peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan berpotensi menghasilkan produk berkualitas global.

Dalam even Indonesia Sustainable Procurement Expo (ISPE) 2022 di Bali Internasional Convention Center, Nusa Dua Bali, yang digelar pada Jumat (3/6/2022), Wali Kota yang akrab disapa Ning Ita ini menjadi salah satu narasumber. Ning Ita memaparkan berbagai upaya konkret yang dilakukan untuk mengangkat UMKM Kota Mojokerto hingga mampu memulihkan ekonomi Kota Mojokerto dari minus 3,69 menjadi surplus 3,65.

Disampaikan oleh Ning Ita, salah satu upayanya adalah digitalisasi UMKM yang telah dilakukan sejak 2019 melalui aplikasi Mojo Market. Bahkan saat ini produk-produk UMKM Kota Mojokerto sudah terdaftar dalam berbagai marketplace dan e-katalog LKPP.

"Kami mengupayakan digitalisasi UMKM secara masif mulai dari 2019 kami sediakan e-marketplace lokal yaitu mojo market. Kemudian kami juga bekerjasama dengan e-marketplace yang sudah sustainable seperti Meeber, Grab, Bhinneka.com, Jatim Bejo, yang merupakan katalog lokal milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur," jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa Pemkot juga telah memberikan pelatihan kepada 400 UMKM yang sudah sustainable untuk mendaftar di aplikasi jubelio. Berbagai tantangan dan strategi tentang Belanja Langsung (Bela) Pengadaan juga disampaikan Ning Ita kepada para peserta.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut