get app
inews
Aa Read Next : Setahun Perang, Presiden Ukraina Rilis Sampaikan Hal Ini

Rusia Jadi Dalang Serangan Siber di Awal Invasi ke Ukraina?

Rabu, 11 Mei 2022 | 07:45 WIB
header img
Inggris dan UE Tuding Rusia Dalangi Serangan Siber Jaringan Internet Ukraina

LONDON, iNews.id - Rusia dituding menjadi dalang di balik serangan siber ke Ukraina pada masa awal invasi Rusia ke Ukraina. Tudingan serangan siber kala itu yang membuat ribuan modem offline dilayangkan oleh Inggris dan Uni Eropa pada Selasa (10/5/2022). 

“Serangan digital terhadap jaringan KA-SAT Viasat pada akhir Februari terjadi tepat ketika pasukan lapos baja Rusia masuk ke Ukraina dan membantu memfasilitasi invasi Presiden Vladimir Putin ke negara itu,” kata Dewan Uni Eropa mengatakan dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Reuters.

Dalam pernyataan itu, disebut memiliki dampak signifikan hilangnya komunikasi secara daring baik di beberapa otoritas publik. 

"Serangan siber ini memiliki dampak signifikan yang menyebabkan pemutusan dan gangguan komunikasi tanpa pandang bulu di beberapa otoritas publik, bisnis dan pengguna di Ukraina, serta mempengaruhi beberapa Negara Anggota UE," lanjut pernyataan itu. 

Menurut pernyataan itu, serangan siber itu merupakan perilaku tidak bertanggung jawab Rusia di dunia maya. 

"Serangan siber yang tidak dapat diterima ini adalah contoh lain dari pola lanjutan perilaku tidak bertanggung jawab Rusia di dunia maya, yang juga merupakan bagian integral dari invasi ilegal dan tidak dapat dibenarkan ke Ukraina," tambahnya. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut