Logo Network
Network

Jangan Pasang Foto Presiden Putin Sembarangan, di Negara Ini Bisa Berbuntut Panjang

Trisna Eka Adhitya
.
Jum'at, 18 Maret 2022 | 20:57 WIB
Jangan Pasang Foto Presiden Putin Sembarangan, di Negara Ini Bisa Berbuntut Panjang
Presiden Rusia Vladimir Putin

STOCKHOLM, iNews.id - Jangan sembarangan mengumbar foto Presiden Rusia Vladimir Putin. Mungkin itu istilah yang tepat dialamatkan kepada polisi wanita (Polwan) di Swedia ini. 

Seorang Polwan yang memasang screensaver foto Presiden Vladimir Putin di komputernya berbuntut panjang. Ia terpaksa harus menjalani pemeriksaan internal pihak kepolisian. 

Akibat ulahnya, loyalitas sang polwan pun dipertanyakan. Rekan-rekan sesama polwan pun menaruh curiga sejak awal kepada sang polwan pasalnya sang polwan meyakini jika Rusia tak menyulut perang di Ukraina

Menurut surat kabar Swedia Expressen, para polisi lain menolak ditugaskan bareng dengannya. Hasil penelusuran mengungkap, polwan yang tak disebutkan identitasnya itu merupakan keturunan Rusia. 

Polwan itu lalu diperiksa atas tuduhan pelanggaran kepercayaan yang serius. Bahkan diketahui, dia dan suami sering melakukan perjalanan ke Rusia. 

"Kami tidak ingin dia menginjakkan kaki di sini," kata seorang rekannya, kepada Expressen.

Setelah temuan foto Putin di komputernya, kecurigaan dan kemarahan rekan-rekannya pun memuncak kepada polwan yang bertugas menjaga perbatasan dan memiliki akses ke sejumlah sistem informasi sensitif. 

Menurut rekan-rekannya, dia menginterogasi beberapa orang asing yang dicurigai berasal dari bekas Soviet. Saat interogasi mereka tidak berbicara bahasa Swedia melainkan Rusia dan tak ada penerjemah formal. Ini menimbulkan kecurigaan atas aktivitas mata-mata.

Selain itu dia juga berhubungan dengan banyak orang dari negara-negara bekas pecahann Uni Soviet sesuai tugas sebagai penjaga perbatasan. Dari hasil penyelidikan, perempuan itu mendapat status warga negara Swedia pada 1990-an lalu memutuskan masuk dalam kepolisian. 
 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News

Bagikan Artikel Ini