get app
inews
Aa Read Next : Bacagub Luluk Nur Hamidah Ziarah ke Makam Pendiri NU di Jombang

Konferwil ke 18 di Jombang, KH Abdul Hakim Mahfudz Terpilih Sebagai Ketua PWNU Jatim 2024-2029

Sabtu, 03 Agustus 2024 | 21:12 WIB
header img
KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin mendapat dukungan 38 suara sedangkan RA Makki mendapat 5 suara. (Foto: Zainul Arifin)

JOMBANG, iNewsMojokerto.id - Konferensi wilayah (Konferwil) ke 18 Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur di Tebuireng, Jombang telah berakhir. KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin terpilih sebagai Ketua PWNU Jawa Timur periode 2024-2029, Sabtu (3/8/2024) malam.

Gus Kikin terpilih sebagai Ketua PWNU Jawa Timur setelah mengungguli perolehan suara calon lainnya KH Makki Nasir atau RA Makki. Gus Kikin mendapat dukungan 38 suara sedangkan RA Makki mendapat 5 suara. Dari perolehan suara itu, pengasuh Ponpes Tebuireng Jombang itu menang mutlak dalam pemilihan tersebut.

Wakil ketua umum PBNU KH Amin Said Husni, mengatakan sesuai dengan ketentuan tata tertib pada poin D yang berbunyi bakal calon ketua ditetapkan sebagai calon oleh pimpinan sidang apabila satu mendapatkan dukungan sekurang kurangnya 30 persen dari total suara masuk tabulasi. Nah, dari hasil penghitungan suara, diperoleh hasil Gus Kikin memperoleh dukungan sebanyak 88 persen sedangkan RA Makki memperoleh dukungan 12 persen.

Dengan demikian yang memenuhi syarat dari calon itu adalah Gus Kikin. "Dengan perolehan suara 38 atau 88 persen," kata Kiai Amin yang memimpin sidang pleno Konferwil.

Namun demikian karena yang memenuhi syarat untuk pencalonan ini hanya satu orang saja, yaitu KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin, sedangkan RA Makki belum mencapai batas minimum perolehan suara.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut