get app
inews
Aa Read Next : Bacagub Luluk Nur Hamidah Ziarah ke Makam Pendiri NU di Jombang

Konferwil ke 18 di Jombang, AHWA Pilih Kiai Anwar Manshur jadi Pimpinan Tertinggi NU di Jawa Timur

Sabtu, 03 Agustus 2024 | 19:50 WIB
header img
KH Anwar Manshur alias Kiai Anwar sebagai Rais Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur. (Foto: Zainul Arifin)

JOMBANG, iNewsMojokerto.id - Tim AHWA yang terdiri dari 7 orang kiai telah memutuskan untuk menjadikan KH Anwar Manshur alias Kiai Anwar sebagai Rais Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur

Pleno IV Konferwil ke-18 NU Jawa Timur di Universitas KH Hasyim Asyari Tebuireng Jombang untuk menetapkan Kiai Manshur sebagai Rais Syuriah PWNU Jatim periode 2024-2029 itu dipimpin oleh KH Amin Said Husni.

“Pada hari ini Sabtu (03/08/2024) bertempat di Pesantren Tebuireng Jombang dalam Konferwil ke-18 NU Jawa Timur telah dilaksanakan musyawarah Ahwa dan berdasarkan musyawarah mufakat sepakat untuk memilih KH Anwar Manshur sebagai Rais PWNU Jawa Timur masa khidmat 2024-2029,” kata Kisi Amin yang juga Wakil Ketua Umum PBNU.

Sebelumnya, tabulasi anggota Ahlul Halli wal Aqdi (Ahwa) pada Konferensi Wilayah (Konferwil) ke-18 Nahdlatul Ulama (NU) terpilih tujuh anggota Ahwa. Tujuh kiai tersebut adalah KH Miftachul Akhyar; ⁠KH Anwar Manshur; ⁠KH Anwar Iskandar; ⁠KH Mutawakkil Alallah; KH Fuad Nur Hasan; ⁠KH Ubaidillah Faqih dan ⁠KH Mudatsir Badaruddin.

Ketujuh kiai AHWA itu kemudian bermusyawarah menetapkan pimpinan tertinggi NU Jawa Timur untuk lima tahun ke depan.

“Memenuhi pasal 5 ayat 1-10 UU Perkumpulan NU, maka tadi kami anggota Ahwa telah melaksanakan musyawarah dalam rangka menjalankan mandat dan amanah dari konferensi,” kata salah satu anggota Ahwa, Kiai Anwar Iskandar.

Hasil dari pada keputusan musywarah AHWA kemudian dituangkan dalam sebuah berita acara yang sekaligus nanti menjadi keputusan rapat pleno pada hari ini.

“Mudah-mudahan apa yang kita putuskan menjadi keputusan yang diridhai Allah,” ujar Kiai Anwar sebelum menutup penyampaian hasil musyawarah anggota Ahwa dalam forum sidang pleno Konferwil NU Jatim.

Adapun sidang pleno selanjutnya berdasarkan jadwal dari panitia adalah pemilihan Ketua PWNU Jawa Timur. Setelah itu dilanjutkan penetapan Ketua PWNU Jawa Timur periode 2024-2029.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut