get app
inews
Aa Read Next : Umaha Beri Pendampingan Hingga Serahkan Sertifikasi Halal Pada 21 UMKM Desa Jatikalang Krian

Melihat Aktifnya Mahasiswa Unair Bantu UMKM Desa Sidodowo Miliki Sertifikasi Halal

Rabu, 24 Juli 2024 | 11:16 WIB
header img
Kelompok 1 mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (Belajar Bersama Komunitas (KKN-BBK) 4 Unair di Desa Sidodowo. (Foto: Trisna Eka Adhitya)

LAMONGAN, iNewsSurabaya.id - Mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) membantu pelaku UMKM di Desa Sidodowo, Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan untuk mendapatkan sertifikasi halal dan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi pelaku usaha makanan dan minuman (Mamin). Para mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (Belajar Bersama Komunitas (KKN-BBK) 4 Unair ini berhasil mendaftarkan setidaknya 20 pelaku UMKM untuk mendapatkan sertifikasi halal.

PIC Bidang Ekonomi KKN-BBK Unair Kelompok 1 Desa Sidodowo Ivan Bayu Kurnia mengatakan, program sertifikasi halal yang ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pelaku UMKM tentang pentingnya sertifikasi halal pada setiap produknya.

"Program kerja ini namanya Griya Juragan Siwo, untuk bentuk kegiatannya sendiri itu kita melakukan sertifikasi halal kepada setiap UMKM yang ada di Desa Sidodowo tujuannya untuk memberikan pendampingan dan fasilitasi bagi UMKM di Desa sidodowo agar memperoleh sertifikasi halal," jelasnya saat dihubungi, Selasa (23/7/2024).

Pemilihan program sertifikasi halal ini dilakukan setelah 1 kelompok yang terdiri dari 10 orang ini melakukan survei lapangan tentang kebutuhan masyarakat. Dari hasil survei itu didapati masih banyak pelaku UMKM Mamin di Desa Sidodowo yang masih belum memiliki NIB dan sertifikasi halal pada produknya.

Ivan yang merupakan mahasiswa jurusan Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Bisnis ini lantas menerapkan langkah strategis untuk membantu para pelaku UMKM. Salah satu caranya adalah dengan menggandeng Pusat Halal Unair untuk membantu pelaku UMKM mendapatkan sertifikasi halal pada produknya.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut