get app
inews
Aa Read Next : Polres Jombang Gagalkan Pengiriman 450 Botol Minuman Keras Arak Bali

Pendaftaran Sekolah Jalur Afirmasi, Pindahan Tugas dan Prestasi Dimulai Hari Ini, Simak Aturannya

Senin, 10 Juni 2024 | 11:56 WIB
header img
Pendaftaran Sekolah Jalur Afirmasi, Pindahan Tugas dan Prestasi Lomba Dimulai Hari Ini. Foto iNewsMojokerto/saipul

SURABAYA, iNewsMojokerto.id - Pendaftaran tahap pertama Jalur Afirmasi, Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali, dan Prestasi Hasil Lomba dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jawa Timur dibuka mulai Senin (10/6) pukul 00.01 WIB hingga Selasa (11/6) pukul 21.00 WIB. Proses pendaftaran akan dilakukan secara online melalui sistem resmi PPDB Jatim, dengan kuota sebesar 25 persen yang terbagi menjadi 15 persen afirmasi, 5 persen perpindahan tugas, dan 5 persen prestasi hasil lomba.

Menurut data UPT Dindik Jatim, hingga Senin (10/6) pukul 11.40 WIB, sebanyak 283.657 siswa telah mendapatkan PIN, mencakup 96.85 persen dari total pengajuan yang ditangani.

Kepala UPT TIKP Dindik Jatim, Mustakim, menyampaikan bahwa seluruh pendaftaran PPDB dilakukan secara online. "Pada tahap pertama, calon peserta didik baru (CPDB) hanya bisa memilih satu sekolah tujuan, baik SMA maupun SMK negeri," jelasnya. 

Berbeda dengan jalur prestasi akademik atau zonasi SMA, di mana CPDB bisa memilih hingga tiga sekolah dalam atau luar zonasi, serta kompetensi keahlian dalam zonasi atau luar zonasi untuk SMK.

"Pada tahap ini, sekolah memiliki kewenangan penuh untuk menerima siswa sesuai persyaratan, termasuk verifikasi dan validasi berkas. Kami juga telah menyiapkan tim survei untuk mengecek kebenaran status afirmasi CPDB," tegas Mustakim. 

Dalam jalur afirmasi, kategori yang meliputi keluarga tidak mampu, siswa ADEM (Afirmasi Sekolah Menengah), anak buruh, dan penyandang disabilitas mendapatkan kuota 15 persen. 

Jalur perpindahan tugas orang tua, termasuk anak guru, diberikan kuota 5 persen. Sementara, prestasi hasil lomba (baik akademik maupun non-akademik) juga mendapatkan kuota 5 persen, termasuk penerima golden ticket hafidz Quran dan ketua OSIS.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut