get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan Dua Kendaraan Truk di Gudo Jombang, Sopir Meninggal di Tempat

Ada Keanehan yang Menyebabkan Bus Pariwisata Kecelakaan Tragis di Tol Jombang

Sabtu, 25 Mei 2024 | 14:09 WIB
header img
Kondisi bus pariwisata yang mengangkut siswa SMP PGRI 1 Wonosari pasca kecelakaan di tol jombang. (Foto: Zainul Arifin)

Akibatnya, seorang kernet bus, Edy Sulistiyono asal Desa Bangle, Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar dan guru Bangle, Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar dan Edy Crisna Handaka warga Desa Ngebruk, Kecamatan Sumberpucung, Malang yang berada di posisi depan meninggal dunia. Tak hanya itu saja, belasan orang penumpang bus juga menderita luka-luka.

Menurut Arifin, pengemudi pada saat kejadian tidak melakukan pengereman sama sekali. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa bekas rem yang ditemukan sepanjang 69,2 meter di sekitar lokasi kejadian bukan merupakan bekas rem dari bus.

"Bekas rem bukan merupakan bekas rem daripada bus, tapi bekas rem kendaraan truk yang berada di belakangnya. Dari hasil pengujian ban dari tim ahli buliran ban tidak cocok dengan ban bus,” katanya.

Berdasarkan penjelasan tim ahli, hasil pemeriksaan kendaraan, kir dan rem bus masih berfungsi. Hasil pemeriksaan tersebut linear dengan keterangan 13 saksi terdiri dari sopir truk, kernet truk, penumpang bus, saksi ahli dari perhubungan dan juga saksi ahli dari tim TAA Polda Jawa Timur.

Dari hasil pemeriksaan sopir tidak memberikan isyarat lampu ataupun klakson, Speed juga over, antara 100-110 kilometer per jam," kata mantan Paur Seksi STNK Subditregident Ditlantas Polda Jatim ini.

Setelah polisi melakukan penyelidikan, mengumpulkan alat bukti, memeriksa para saksi serta menggelar perkara, pada Jumat (24/5/2024) malam sopir bus, Yanto, asal Desa Gembongan, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar ditetapkan sebagai tersangka.

Atas kelalaiannya, sopir dijerat Pasal 310 ayat 2 dan ayat 4 Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan dengan ancaman kurungan 6 tahun.

“Sopir saat ini ditahan di rutan polres Jombang, Sopir sempat mengalami luka ringan, tapi sudah sembuh, dari hasil tes kejiwaan dinyatakan normal dan hasil tes urine menunjukkan negatif,” tegasnya.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut