get app
inews
Aa Read Next : Mayday 2024, Serikat Pekerja Curhat ke Pemkab Jombang, Begini Penyampaiannya

Bukan Demo, Begini Cara Ribuan Pekerja Peringati Hari Buruh di Depan Pendopo Jombang

Rabu, 01 Mei 2024 | 18:03 WIB
header img
Fun Walk peringatan Hari Buruh Internasional di Jombang. Foto iNews Mojokerto/Zainul Arifin

JOMBANG, iNewsMojokerto.id - Peringatan Hari Buruh Internasional 1 Mei atau biasa disebut May Day di Jombang tidak dengan aksi demo atau unjuk rasa. Namun, para pekerja mengikuti acara Fun Walk yang digelar oleh pemerintah setempat di depan Pendopo Kabupaten Jombang, Rabu (1/5/2024).

Tercatat ada sebanyak 4.000 peserta yang mengikuti, didominasi oleh kaum perempuan. Mereka terdiri dari SPSI (Serikat pekerja seluruh Indonesia) tenaga kerja dan buruh. Fun walk diberangkatkan oleh Pj Bupati Jombang, Sugiat bersama Forkopimda setempat.

Adapun rute fun walk dimulai dari depan Pendopo Kabupaten Jombang melintasi Jl. Bupati RAA Soeradiningrat, Jl. KH Wakhid Hasyim, Jl. Juanda, Jl Kusuma Bangsa, Simpang 4 SMA Negeri 2 Jombang, Jl. Bupati R Soedirman, Jl. Gubernur Suryo, Jl. KH Ahmad Dahlan, dan finish di Alun Alun Kabupaten Jombang.

"Terima kasih, karena telah mengisi Peringatan Hari Buruh Internasional (Mayday) dengan kegiatan positif, kegiatan yang dapat mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya nilai-nilai kebersamaan dan kepedulian," kata Sugiat dalam sambutannya usai menyaksikan atraksi Barongsai Lii Ong Xhi yang membuka acara tersebut.

Ia menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Jombang selalu berkomitmen meningkatkan kesejahteraan pekerja atau buruh. Pemerintah Kabupaten Jombang terus berupaya untuk menciptakan iklim kondusif bagi dunia usaha dan ketenagakerjaan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh.

"Kami terus berupaya untuk menciptakan iklim kondusif bagi dunia usaha dan ketenagakerjaan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh. Kami juga mendorong para pengusaha untuk selalu memperhatikan hak-hak pekerja/buruh, seperti upah layak, jam kerja yang wajar, dan jaminan kesehatan dan keselamatan kerja," kata dia.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut