get app
inews
Aa Read Next : Propam Polda Jatim Mendadak ke Polres Jombang, Semua Personel Dikumpulkan, Ini yang Dilakukan

Ketersediaan BBM dan Elpiji di Jawa Timur Aman, Polda Bakal Cek Kondisi Lapangan

Senin, 08 April 2024 | 16:08 WIB
header img
Subdit IV Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jawa Timur melakukan pengecekan rutin di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Minyak (SPBU). Foto iNewsMojokerto/ilyas

Selain itu, AKBP Irwan juga mengatakan, Dari hasil pengecekan ini pihaknya mendapat laporan bahwa ketersediaa BBM di Jawa Timur relatif aman untuk melayani masyarakat selama perayaan lebaran Idulfitri. 

"Kami juga melakukan pengecekan terhadap kandungan air, hasilnya masih normal, kami juga melakukan pengecekan terhadap mesin apakah terjadi kecurangan terhadap mesin dispenser tersebut, ternyata tidak ada dan semuanya sudah sesuai dengan undang - undang yang berlaku," Katanya. 

"Kami disini beserta rekan-rekan semua nya, peduli dan menjamin kepastian dari seluruh masyarakat yang ada akan memberikan kenyamanan  dan keamanan, serta kelancaran selama baik dalam arus mudik maupun balik di wilayah hukum Polda Jatim," tambahnya. 

Sejauh ini, lanjut AKBP Irwan mengatakan, SPBU di Jawa Timur  masih aman, belum ditemukan adanya kecurangan, baik dari timbangan maupun BBM oplosan. 

"Alhamdulillah untuk wilayah Polda Jawa Timur, belum ditemukannya adanya indikasi dari SPBU yang berada di wilayah jajaran, yang terdapat indikasi melakukan kecurangan baik itu mencampur kandungan air, atau pun mencampurkan jenis pewarna atau memainkan alat maupun yang tidak sesuai dengan takaran dari Metrologi Legal," jelasnya. 

Ifan Syuhada Area Manager Pertamina Surabaya menambahkan, pihaknya sangat mensuport pengecekan bersama ini, karena menurutnya pertamina juga melakukan pengecekan secara berkala dan mengaktifkan sistem pemantauan bersama melalui ATG yang terkoneksi dengan sistem Puskodal milik pertamina, sehingga secara berkala bisa melakukan pengecekan stok SPBU mana yang dalam kondisi kritis. 

"SPBU yang dalam kondisi kritis kita akan lakukan prioritas pengiriman, yang dimana prioritas pengiriman itu kita akan lakukan pengecekan kondisi di SPBU, ketika tangki kosong mobil tangki akan segera dikirim ke lembaga penyalur tersebut," tandasnya. 

"Maka kondisi saat ini kami bisa meyakinkan bahwa pertamina bisa dan mampu memastikan kondisi stok di lembaga penyalur aman dan terkendali," ujarnya Ifan Syuhada.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut