get app
inews
Aa Read Next : Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat, Empat Desa di Jombang Boyong Piala

Begini Cara Polres Jombang Cegah Fatalitas Korban Kecelakaan, Ada Trik Jarang Diketahui Orang

Selasa, 05 Maret 2024 | 19:50 WIB
header img
Pelatihan bantuan hidup dasar dan pertolongan pertama korban kecelakaan di Satlantas Polres Jombang. Foto iNewsMojokwrto/Zainul Arifin

JOMBANG, iNewsMojokerto.id - Berbagai cara dilakukan polisi untuk mencegah fatalitas korban kecelakaan pada operasi keselamatan Semeru 2024 di Jombang, Jawa Timur. Di antaranya pelatihan bantuan hidup dasar dan pertolongan pertama korban kecelakaan lalu lintas. 

Pelatihan dilaksanakan Satlantas Polres Jombang. Selain anggota kepolisian, sasaran pelatihan itu para sopir ambulans siaga desa yang tergabung dalam Paguyuban Driver Siaga Kabupaten Jombang (PDSKJ) dan relawan laka lantas. 

Pelatihan itu juga melibatkan tenaga medis dari RSK (rumah sakit Kristen) Mojowarno Jombang dan anggota unitlaka Satlantas Polres setempat. Pelatihan ini menjadi terobosan dalam upaya meminimalisir fatalitas korban lakalantas.

Selain diberikan materi, para anggota kepolisian juga langsung diajak untuk praktik atau simulasi pertolongan pertama korban lakalantas di TKP.

Adapun yang diberikan menyangkut bantuan hidup dasar (BHD). Seperti ada pelatihan resusitasi jantung paru (RJP) termasuk cara membantu evakuasi korban lakalantas yang baik dan benar.

Kepala Unit Penegakkan Hukum (Kanitgakkum) Satlantas Polres Jombang IPTU Anang Setyanto mengatakan, pelatihan pertolongan pertama korban lakalantas itu menjadi salah satu upaya terobosan pelayanan kepada masyarakat. Terutama penyelamatan kepada masyarakat yang menjadi korban lakalantas.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut