get app
inews
Aa Read Next : Ini Tata Cara Salat Lailatul Qadar dan Keutamaannya

Sambut Ramadan, Warga Mojokerto Berebut Gunungan Sepatu di Acara Ruwah Desa

Senin, 04 Maret 2024 | 08:33 WIB
header img
Ratusan warga berebut gunungan sepatu di acara ruwah desa, Minggu (3/3/2024). (Foto//Sholahudin).

MOJOKERTO - Bulan Ramadan tinggal hitungan jari. Masyarakat di Desa Medali Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto menyambut datangya bulan penuh berkah tersebut dengan acara ruwah desa.

Uniknya, tradisi ruwah desa itu digelar dengan gerebek gunungan sepatu. Gunungan sepatu ini melambangkan Desa Medali sebagai sentra alas kaki di Kabupaten Mojokerto. 

Bisa ditebak, acara pun berlangsung semarak. Begitu tiba di depan Balai Desa Medali, ratusan warga dari berbagai dusun langsung berebut dua gunungan sepatu setinggu dua meter di atas dua mobil pikap. 

Gunungan sepatu bahkan nyaris ambruk karena diserbu ratusan warga. Beruntung, warga bisa mengendalikan diri, sehingga gunungan tetap berdiri, meski miring. 

Hanya dalam waktu beberapa menit, ratusan sepatu di dua gunungan produksi UMKM di Desa Medali ludes. Beberapa warga yang ikut berebut ada yang mendapat lebih dari dua pasangan. 

Sumarni, salah satu warga mendapat enam pasang sepatu dan rencana akan dijual kembali mumpung mendapat gratis. Sebelumnya, dia menunggu dua jam di sepanjang jalan desa untuk menunggu kirab gunungan sepatu dan sayur.

"Tiap tahun rebutan sepatu selalu hadir. Sekarang dapat enam," katanya. 

Ruwah desa di Desa Medali, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto digelar setiap tahun, sepekan menjelang bulan Suci Ramadhan. Sebelumnya dua tumpeng sayur dan dua gunungan sepatu dikirab keliling desa sejauh lima kilometer. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut