get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan Maut di Jalan Raya Domas, Motor Adu Kambing 2 Pengendara Tewas di Lokasi Kejadian

Sekolah Alam Telusur Education Center Antarkan Didit Jadi Pemuda Pelopor Jawa Timur

Senin, 26 Februari 2024 | 11:02 WIB
header img
Didit Panji Saputra (kaos putih) mendampingi anak-anak dan remaja belajar mengolah sampah. (Istimewa).

MOJOKERTO - Pemuda Mojokerto Didit Panji Saputra sukses menjadi wakil Jawa Timur (Jatim) dalam ajang pemilihan Pemuda Pelopor tingkat nasional bidang Pendidikan. Sukses ini diraih setelah Didit menjadi inisiator Telusur Education Center. Sebuah komunitas yang menjadi penggerak pendidikan non-formal berbasis alam (sekolah alam). 

Didit menjelaskan Telusur Education Center merupakan sebuah komunitas pemuda di sekitar Kali Telusur yang memberikan les secara gratis dalam jam wajib belajar di era Wali Kota Mas'ud Yunus.


Aktivitas Didit di sekolah alam Telusur Education Center. (istimewa).

"Kalau sebelumnya hanya belajar di dalam ruangan. Sejak normalisasi Kali Telusur tahun 2019 pada masa kepemimpinan Wali Kota Ning Ita kita punya lahan untuk dijadikan sarana belajar agar anak-anak tidak bosan belajar di dalam ruangan," kata Didit pada Minggu (25/2/2024).

Dia menjelaskan dalam Telusur Education Center anak-anak selain mendapatkan pembelajaran formal sesuai kurikulum di sekolah, mereka juga mendapatkan pembelajaran soft skill seperti public speaking dan juga aksi peduli lingkungan yang merupakan salah satu penerapan kurikulum di sini. 

"Outing class dengan melakukan outbond di Kali Telusur ini gratis. Ada aksi lingkungan yang mengajarkan anak-anak bagaimana cara mengelola sampah, memilah mana sampah yang masih bisa diolah menjadi produk daur ulang, sedangkan sampah yang tidak bisa didaur ulang kita gunakan untuk eko enzim dan komposter," katanya. 

Tak hanya untuk anak-anak, Didit menjelaskan dalam Telusur Education Center juga terdapat program Gerbang Karma (Gerakan pengembangan karakter Masyarakat Bersama) yang melibatkan remaja, ibu-ibu dan bapak-bapak pada setiap Sabtu dan Minggu. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut