get app
inews
Aa Read Next : Sudah Tahu Kenapa Nasi Padang Berisi Lebih Banyak Nasinya? Ini Sejarahnya

Sejarah Singkat Kerajaan Mataram Islam, Beserta Referensi Buku Untuk Pelajari Lebih Lanjut

Rabu, 27 September 2023 | 19:53 WIB
header img
Ilustrasi pasukan Kerajaan Mataram Islam. (Foto: istimewa)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - Kerajaan Mataram Islam adalah salah satu bagian penting dari sejarah perkembangan Islam di Indonesia. Dengan akar sejarah yang panjang dan pengaruh yang mendalam, kerajaan ini menciptakan peradaban unik yang menggabungkan budaya Jawa klasik dengan nilai-nilai Islam. Artikel ini akan mengupas sejarah dan pencapaian kerajaan Mataram Islam, serta memberikan daftar pustaka untuk pembaca yang ingin mengeksplorasi topik ini lebih lanjut.

Asal Usul Kerajaan Mataram Islam

Kerajaan Mataram bermula sebagai salah satu kerajaan Hindu-Buddha yang berkembang pesat di Pulau Jawa pada abad ke-8 Masehi. Awalnya, agama Hindu-Buddha mendominasi Mataram, namun pada abad ke-16, dengan naiknya Sultan Agung Hanyakrakusuma, Islam mulai menjadi pengaruh yang kuat.

Sultan Agung Hanyakrakusuma dan Perkembangan Mataram Islam

Sultan Agung Hanyakrakusuma memerintah Mataram dari tahun 1613 hingga 1645 dan memainkan peran penting dalam perubahan kerajaan ini menjadi pusat peradaban Islam. Dia memperluas wilayah Mataram ke arah timur dan barat, bahkan mencapai pantai utara Jawa. Sultan Agung juga membangun sistem pertahanan yang kuat dan menjadi pelindung seni dan budaya Jawa.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut