Logo Network
Network

Sejarah Hari Ini Jepang Menyerah Tanpa Syarat Karena Bom Atom Bikinan Oppenheimer

Nanda Alifya Rahmah
.
Senin, 14 Agustus 2023 | 11:04 WIB
Sejarah Hari Ini Jepang Menyerah Tanpa Syarat Karena Bom Atom Bikinan Oppenheimer
Awan jamur yang diyakini muncul sebagai efek ledakan bom atom, Hiroshima (kiri), Nagasaki (kanan). (Foto: Public Domain)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - Ini awal mula Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu. 14 Agustus menjadi tanggal penting dalam gerbang akhir Perang Dunia II sekaligus pengantar kemerdekaan Indonesia.  

Tepat 78 tahun lalu, Jepang menyerah tanpa syarat kepada pihak sekutu pasca dua buah bom atom monumental sepanjang sejarah. 

Pada tahun 1945, seluruh dunia mengingat Amerika Serikat menjatuhkan dua bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki, Jepang. Ledakan ini menyebabkan kerusakan besar dan korban jiwa yang juga sangat besar. 

Bom atom pertama, yang disebut "Little Boy," dijatuhkan pada 6 Agustus di Hiroshima, diikuti oleh bom atom kedua, "Fat Man," dijatuhkan pada 9 Agustus di Nagasaki. 

Serangan tersebut akhirnya memaksa Jepang untuk menyerah dan mengakhiri Perang Dunia II. Kerusakan besar dan korban jiwa yang sangat besar, membuat Jepang menyadari kekuatan destruktif bom atom dan kesulitan untuk melanjutkan perang.

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update