get app
inews
Aa Read Next : Dapat Surat Keputusan Dari PKS, Tim Pemenangan Ning Ita Akan Lakukan Ini

Dorong Industri Batik Berkembang di Kota Mojokerto, Ning Ita Tekankan Pentingnya Narasi dari motif

Senin, 24 Juli 2023 | 17:15 WIB
header img
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat sesi foto bersama pengrajin batik di Kota Mojokerto. (Foto: istimewa)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - Pemerintah Kota Mojokerto terus berupaya mendorong sektor pariwisata berbasis sejarah dan budaya di Kota Mojokerto agar terus berkembang. Salah satu upayanya adalah menggetolkan pembinaan bagi para pengrajin batik.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengungkapkan, ada nilai-nilai budaya yang terkandung dalam motif batik perlu dinarasikan. Dengan adanya narasi tentang motif tersebut akan menjadi daya tarik wisatawan. 

"Pariwisata Kota Mojokerto lebih memfokuskan pada wisata sejarah dan budaya. Sehingga nilai-nilai budaya yang terkandung di dalam batik ini, juga perlu kita gali filosofinya untuk dijadikan narasi", terangnya saat kegiatan pembinaan kreativitas bagi para pengrajin batik Kota Mojokerto, di Pendopo Sabha Krida Tama Rumah Rakyat, Senin (24/7/2023).

Wali kota yang akrab disapa Ning Ita ini juga menjelaskan, banyak filosofi yang terkandung dalam kain batik. Dengan menceritakan narasi yang terkandung diharapkan dapat meningkatkan nilai seni dari karya batik yang tercipta. 

"Setiap lukisan yang dituangkan di kain, ada filosofi yang bisa diceritakan. Karena adanya filosofi, maka meningkatkan hasil nilai karya," kata Ning Ita sapaan akrab wali kota.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut