get app
inews
Aa Read Next : Innalillahi! Perempuan 20 Tahun Tewas Terlindas Truk Gandeng di Jombang, Begini Kejadiannya

ETLE Kurang Efektif, Polri Siapkan Cara Tilang Lebih Canggih

Rabu, 04 Januari 2023 | 20:45 WIB
header img
Polisi siapkan cara tilang lebih canggih dari ETLE. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNewsMojokerto.id - Penerapan tilang elektronik (ETLE) yang saat ini berlaku ternyata masih kurang efektif untuk memberikan tilang kepada pengguna kendaraan bermotor yang tidak taat aturan. Untuk itu, Polri pun saat ini sedang mengkaji cara tilang yang lebih canggih. 

Kepala Korlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi mengungkapkan, Korps Lalu Lintas Polri saat ini sedang mengkaji pemasangan cip dan QR code pada pelat nomor kendaraan bermotor. Hal itu digunakan untuk memudahkan kepolisian dalam memantau keaslian dari pelat nomor yang digunakan pengendara. 

“Kami sedang mengembangkan pelat nomor dengan QR code dan cip untuk mengetahui pelat nomor kendaraan itu asli atau palsu,” kata Kepala Korlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi di Jakarta, Selasa (3/1/2022).

Firman mengatakan, sejak dioptimalkannya ETLE, masyarakat justru semakin tidak tertib berlalu lintas. Pasalnya, sebagian masyarakat malah mengakali pelat nomor kendaraan mereka dengan mencopot atau menggantinya agar tidak terbaca oleh kamera ETLE. 

Oleh karena itu, Korlantas Polri mempertimbangkan mengkombinasikan penerapan tilang elektronik dan tilang secara manual. Tujuannya agar para pengendara semakin tertib dalam berlalu lintas di jalan. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut