get app
inews
Aa Read Next : KH Abdul Chalim Dikukuhkan Sebagai Pahlawan Nasional, Dapat Respon Positif Dari Berbagai Elemen

Presiden Beri Gelar Pahlawan Nasional Kepada 5 Tokoh

Kamis, 03 November 2022 | 21:07 WIB
header img
Presiden Jokowi menetapkan 5 tokoh nasional sebagai pahlawan nasional. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsMojokerto.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan gelar pahlawan nasional kepada lima tokoh di Indonesia. Perjuangan para tokoh ini dianggap layak dijadikan pahlawan nasional karena telah melakukan perjuangan di masa kemerdekaan. 

Hal itu disampaikan Menko Polhukam selaku Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan Mahfud MD di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Kamis (3/11/2022).

"Tahun ini memberikan lima (gelar pahlawan nasional) kepada tokoh-tokoh bangsa yang telah ikut berjuang mendirikan negara Republik Indonesia melalui perjuangan kemerdekaan dan mengisinya dengan pembangunan-pembangunan sehingga kita eksis sampai sekarang sebagai negara yang berdaulat," ujar Mahfud dalam keterangannya, Kamis (3/11/2022). 

Gelar pahlawan nasional pertama diberikan kepada almarhum Soeharto dari Jawa Tengah. Ia dinilai layak menjadi pahlawan nasional karena telah berjuang bersama Presiden Soekarno dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. 

Soeharto tak hanya berjuang di masa merebut kemerdekaan.Setelah kemerdekaan, almarhum Soeharto ikut serta dalam pembangunan sejumlah infrastruktur di Tanah Air.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut