get app
inews
Aa Read Next : Rusia dan Korut Semakin Mesra, Ada Jadwal Kunjungan Dalam Waktu Dekat

Panas, Konsul Jepang Ditahan dan Dituduh Spionase Oleh Rusia

Selasa, 27 September 2022 | 18:28 WIB
header img
Ilustrasi pengusiran diplomat. (Foto: Pixabay)

MOSKOW, iNewsMojokerto.id – Hubungan Rusia dan Jepang semakin panas. Hal ini setelah Badan Keamanan Federal Rusia (FSB) telah melakukan penahanan terhadap seorang konsul Jepang di Kota Vladivostok karena dicurigai melakukan kegiatan spionase atau mata-mata. 

Usai ditahan, konsul itu dibebaskan setelah penahanan beberapa jam oleh agen Rusia. Konsul itu juga diperintahkan untuk meninggalkan negeri beruang merah pasca insiden itu. 

FSB mengatakan konsul Jepang bernama Motoki Tatsunori itu dinyatakan berstatus persona nongrata setelah dia tertangkap basah menerima informasi rahasia tentang efek sanksi Barat pada situasi ekonomi di wilayah Timur Jauh Rusia.

Informasi rahasia itu dikatakan juga menyangkut soal kerja sama Rusia dengan salah satu negara Asia-Pasifik yang tidak disebutkan namanya. Informasi tersebut didapat Tatsunori dengan imbalan berupa “hadiah uang”. Moskow telah memprotes ke Tokyo atas tindakan konsul Jepang itu melalui saluran diplomatik.

Hal itu pun membuat Menteri Sekretaris Kabinet Jepang, Hirokazu Matsuno geram. Dalam jumpa pers hari Selasa (27/9/2022) pihak Tokyo tidak terima  atas peristiwa itu dan mengisyaratkan akan memberikan balasan kepada Rusia. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut