get app
inews
Aa Read Next : Momen Haru STY Usai Menangkan Timnas U-23, Salami Pemain Korsel dan Beri Semangat

Ada Penemuan Peninggalan Abad 18 di Proyek MRT, Ini yang Dilakukan

Rabu, 21 September 2022 | 08:44 WIB
header img
Penemuan artefak struktur bata dan pipa di proyek pembangunan MRT. (Foto: MPI)

Selain itu, di utara proyek MRT CP203, penemuan tumpukan terakota diangkat dan dipindahkan sementara ke dekat Stasiun Jakarta Kota. Kemudian di bagian tengah proyek terlihat potongan terakota lengkap dengan pipa dan batu bata zaman kolonial yang siap diangkat. 

Sementara di sisi selatan proyek MRT CP203 atau tepatnya dekat Pasar Glodok terlihat sejumlah pekerja tengah membersihkan terakota dan berusaha untuk mengangkatnya.

"Ini adalah salah satu yang krusial, kita menemukan satu struktur sepanjang 400 meter dan itu dari abad 18 yang tidak ditemukan di tempat mana pun juga di kota lain di Indonesia," ujarnya.

PT MRT Jakarta juga membuat galeri pembangunan MRT di Stasiun Jakarta Kota. Di galeri itu, masyarakat bisa melihat temuan-temuan artefak tersebut. 

"Kami buatkan visitor center galeri MRT di sana itu, dan itu ada di tengah Stasiun Kota. Fungsinya itu selain itu masyarakat atau penumpang kereta yang turun di Kota itu bisa tahu informasi seputar tentang MRT, juga ada display terkait peninggalan artefak," ujar Aprindy.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut