get app
inews
Aa Read Next : Apa Itu Intisari Naluri Majapahit: Kesaktian

5 Makam Gajah Mada, Manakah yang Benar?

Jum'at, 16 September 2022 | 13:45 WIB
header img
Salah satu lokasi yang dipercaya sebagai makam Gajah Mada di Lampung. (Foto: ANTARA)

Singkat cerita Patih Barat Ketigo yang kalah akhirnya ikut nyantri kepada Sunan Bejagung. Patih Barat Ketigo inilah yang oleh sebagian masyarakat dipercaya sebagai sosok Patih Gajah Mada.

Meski demikian, sumber lain juga menyebut bahwa Patih Barat Ketigo tidak mungkin merupakan Gajah Mada. Patih Barat Ketigo hidup di era 1468 hingga 1478.

5. Makam Patih Gajah Mada di Pekon Kerbang Langgar, Lampung

Kelima, di Provinsi Lampung juga ada makam yang diyakini sebagai tempat peristirahatan yang terakhir Patih Gajah Mada. Lokasi ini bahkan didukung dengan sejumlah temuan benda peninggalan arkeologi.

Tepatnya di wilayah Pekon Kerbang Langgar, Kecamatan Pesisir Utara, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Penjagaan area makam ini kini telah jatuh pada generasi ke-17.

Kisah bagaimana Patih Gajah Mada dimakamkan di sini tidak begitu jelas. Namun, sejumlah benda peninggalan mengarah pada masa kerajaan Majapahit.

Benda-benda tersebut berupa bejana dengan corak ukiran wayan, keramik dari dinasti ming kesatu, dan sejumlah benda pusaka. Pemerintah setempat tengah melakukan pengkajian terhadpa benda peninggalan ini untuk memastikan informasi.

Manakah dari kelima makam tersebut yang merupakan makam pasti Sang Patih Amangkubhumi? Kajian arkeologi yang komperehensif sangat dibutuhkan untuk mengungkap fakta ini.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut