get app
inews
Aa Read Next : Emil Dardak Padankan Kalimas Surabaya Dengan Sungai Mancanegara

7 Sungai Terpanjang di Pulau Sumatera, Nomor 3 Bisa Jadi Lokasi Surving

Selasa, 13 September 2022 | 20:38 WIB
header img
Sungai Kampar merupakan salah satu sungai terpanjang di Sumatera yang sering digunakan untuk olah raga surving. (Foto: istimewa)

Sungai Musi merupakan sungai terpanjang kedua di Sumatera setelah sungai Batanghari. Sungai ini memiliki panjang 750 kilometer dan membelah Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Di atas Sungai Musi sendiri terdapat jembatan ikonik kebangaan warga Sumatera Selatan, yakni Jembatan Ampera. Sungai Musi ini sendiri bermuara di Selat Bangkat atau Laut China Selatan. 

Sungai Musi ini juga sebagai bukti kekuatan dari Kerajaan Sriwijaya di masa lampau. Sungai Musi ini pun digunakan sebagai sarana transportasi masyarakat dan juga sebagai tempat untuk nelayan dalam menjala ikan. Jadi itulah 7 sungai terpanjang yang ada di Pulau Sumatera. 

7. Sungai Batanghari  

Sungai terpanjang di Sumatera yang terakhir yakni adalah Sungai Batanghari. Sungai Batanghari ini berlokasi ini Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat dan bermuara di Selat Malaka atau Selat Berhala. 

Panjang sungai ini memiliki panjang 800 kilometer. Sungai ini melewati dua provinsi yakni  Sumatera Barat dan Jambi. Sungai ini sangat berguna bagi kehidupan masyarakat Pesisir Selatan, guna mengairi lahan sawah dan juga ladang di sana.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut