get app
inews
Aa Read Next : Gus Barra Dapat Restu Partai Demokrat Maju Pilbup Mojokerto

Emil Dardak Padankan Kalimas Surabaya Dengan Sungai Mancanegara

Senin, 15 Agustus 2022 | 15:44 WIB
header img
Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak bersama Pangkoarmada II T.N.S.B. Hutabarat menyusuri Kalimas dengan rute Dermaga Laksamana di Jalan Yos Sudarso hingga daerah Perak. (istimewa)

SURABAYA, iNewsMojokerto.id - Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak menyebut, keberadaan Kalimas Surabaya dapat dipadankan dengan sungai-sungai terkenal di mancanegara. Tak tanggung-tanggung, Emil menyandingkan Kalimas seperti sungai Thames di Inggris, Sumida di Jepang, serta Seine di Prancis.

"Beragam sungai menjadi ciri khas kota-kota di dunia. Seperti sungai Thames, Sumida dan Seine. Kalimas di Surabaya saya harapkan dapat menyusul menjadi trademark dari Kota Pahlawan, mengingat bahwa kali ini merupakan anak dari Sungai Brantas yang mengaliri Jawa Timur," kata Emil, Senin (15/8/2022). 

Menurutnya, Kalimas memiliki andil cukup besar dalam kehidupan masyarakat di Surabaya. Oleh karenanya sangat masuk akal jika Kalimas perlu dijadikan salah satu ikon dari Kota Pahlawan. 

"Kalimas, yang merupakan anak sungai Brantas, memiliki fungsi yang sangat krusial bagi kehidupan masyarakat Jawa Timur, dan Surabaya pada khususnya," ungkapnya.

Emil menekankan, bahwa sumber air adalah sumber penghidupan bagi 40% lebih penduduk di Jatim. Bahkan PDAM di sepanjang aliran Brantas menggantungkan air bakunya dari sana. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut