get app
inews
Aa Read Next : Emil Dardak Padankan Kalimas Surabaya Dengan Sungai Mancanegara

7 Sungai Terpanjang di Pulau Sumatera, Nomor 3 Bisa Jadi Lokasi Surving

Selasa, 13 September 2022 | 20:38 WIB
header img
Sungai Kampar merupakan salah satu sungai terpanjang di Sumatera yang sering digunakan untuk olah raga surving. (Foto: istimewa)

JAKARTA, INewsMojokerto.id - Pulau Sumatera memiliki sungai dengan panjang yang mencapai ratusan kilometer. Dengan aliran sungai yang membentang di sepanjang pulau, kehidupan masyarakat pun banyak yang bergantung dari sungai yang ada. 

Beberapa sungai bahkan mampu menjadi ikon yang mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke daerahnya. Bahkan, sungai-sungai ini di zaman dahulu mampu menjadi alasan kuat munculnya sebuah kerajaan atau peradaban. 

Dari catatan tim iNews, setidaknya ada 7 sungai terpanjang di Sumatera. Berikut ini daftarnya: 

1. Sungai Rokan 

Sungai terpanjang di Sumatera yang pertama adalah Sungai Rokan. Sungai dengan panjang 350 kilometer ini membentang dari Pegunungan Bukit barisan hingga bermuara di Selat Malaka. 

Sungai ini memiliki peran penting bagi masyarakat khususnya yang berada di kabupaten Rokan Hilir, Riau. Kegiatan ekonomi dan transportasi melalui jalur sungai cukup aktif di sungai ini. 

2. Sungai Siak 

Sungai dengan panjang 370 kilometer ini berada di Provinsi Riau. Sungai ini menjadi salah satu saksi hidup kejayaan Kerajaan Melayu di masa lampau. 

Sungai ini pada zaman Kerajaan Melayu digunakan sebagai jalur transportasi utama kapal-kapal besar. Pada masa sekarang, digunakan untuk transportasi sungai untuk pengangkutan kelapa sawit dan pengolahan kayu. 

3. Sungai Kampar 

Sungai kampar menjadi sungai terpanjang berikutnya yang ada di Pulau Sumatera. Dengan panjang 413,5 km, sungai ini sangat terkenal baik di dalam maupun luar negeri. 

Sungai yang terletak di Riau sebagai muara sungainya dan hulunya berada di Sumatera Barat ini menjadi salah satu tempat surving terbaik bagi para peselancar. Selain itu, hulu dari sungai ini juga dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). 

4. Sungai Barumun  

Sungai terpanjang di Sumatera berikutnya yakni Sungai Barumun. Membentang sejauh 440 kilometer, sungai ini berlokasi di Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara. 

Sungai ini memiliki hulu di air siraisan, dan akan bermuara di Selat Malaka. Sungai ini selain menjadi salah satu sungai yang terpanjang, tetapi juga sebagai salah satu sungai terbesar di Pulau Sumatera. 

5. Sungai Indragiri 

Sungai terpanjang di Pulau Sumatera berikutnya yakni adalah Sungai Indragiri. Sungai ini memiliki panjang 500 kilometer, yang terletak di Riau dan memiliki hulu di Danau Singkarak, Sumatera Barat. 

Muara dari sungai Indragiri ini yakni di Kabupaten Indragiri Hilir atau yang sering disebut dengan Batang Indragiri. Sungai ini mengalir di kawasan yang memiliki hutan hujan tropis, seperti berada di wilayah Riau. 

6. Sungai Musi 

Sungai Musi merupakan sungai terpanjang kedua di Sumatera setelah sungai Batanghari. Sungai ini memiliki panjang 750 kilometer dan membelah Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Di atas Sungai Musi sendiri terdapat jembatan ikonik kebangaan warga Sumatera Selatan, yakni Jembatan Ampera. Sungai Musi ini sendiri bermuara di Selat Bangkat atau Laut China Selatan. 

Sungai Musi ini juga sebagai bukti kekuatan dari Kerajaan Sriwijaya di masa lampau. Sungai Musi ini pun digunakan sebagai sarana transportasi masyarakat dan juga sebagai tempat untuk nelayan dalam menjala ikan. Jadi itulah 7 sungai terpanjang yang ada di Pulau Sumatera. 

7. Sungai Batanghari  

Sungai terpanjang di Sumatera yang terakhir yakni adalah Sungai Batanghari. Sungai Batanghari ini berlokasi ini Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat dan bermuara di Selat Malaka atau Selat Berhala. 

Panjang sungai ini memiliki panjang 800 kilometer. Sungai ini melewati dua provinsi yakni  Sumatera Barat dan Jambi. Sungai ini sangat berguna bagi kehidupan masyarakat Pesisir Selatan, guna mengairi lahan sawah dan juga ladang di sana.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut