get app
inews
Aa Read Next : KH Abdul Chalim Dikukuhkan Sebagai Pahlawan Nasional, Dapat Respon Positif Dari Berbagai Elemen

Ini 5 Pahlawan Nasional Dari Sumatera, Ada yang Menikah Tiga Kali dan Terus Berjuang

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 11:53 WIB
header img
Laksamana Malahayati. (Foto: istimewa)

Berkat tulisannya tersebut, Belanda membuat ruang geraknya dibatasi. Rasuna Said wafat pada 2 November 1965. Berkat jasa-jasanya, Rasuna Said ditetapkan menjadi pahlawan nasional pada 1974.

5. Rohana Kudus 


Rohana Kudus. (Foto: istimewa)

Setelah ditetapkan sebagai pahlawan pada tahun 2019 oleh Presiden Joko Widodo, Ruhana Kuddus atau populer dengan nama Rohana Kudus menjadi salah satu pahlawan nasional yang berasal Sumatera Barat. Pemilik nama asli Siti Ruhana yang lahir pada 1884 ini merupakan wartawan perempuan pertama Tanah Air. 

Sebagai insan pers, dia memperjuangkan hak-hak perempuan melalui tulisannya. Rohana Kudus menjadi sosok di balik terbitnya Soenting Melajoe, surat kabar yang dikhususkan untuk perempuan. 

Melalui surat kabar ini dia mengajak kawan dan para muridnya untuk menulis dan menuangkan aspirasi. Dia juga turut berkontribusi dalam lahirnya surat kabar lain, seperti Perempoean Bergerak di Medan dan surat kabar Radio di Padang. 

Untuk mendukung emansipasi perempuan, Rohana Kudus membangun Sekolah Kerajinan Amai Setia, sekolah yang mengajarkan keterampilan dan pengetahuan umum bagi kaum perempuan. Rohana Kudus meninggal dunia pada 1972 di Jakarta. 


 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut